Jumat, 02 November 2012

Java Bleu

Beberapa waktu lalu sepupu saya pernah merekomendasikan restoran Perancis yang menurutnya menarik, namanya Java Bleu. Karena saya penasaran, maka hari Minggu malam kemarin saya bersama dua orang teman saya pergi ke sini. Kebetulan saya sendiri belum pernah mencicipi restoran dengan tema French food. Lokasinya tidak sulit untuk ditemukan karena terletak persis di seberang Menteng Huis sebelum Taman Ismail Marzuki.

Pintu masuk dengan logo Java Bleu
Tangga menuju restoran Java Bleu yang terletak di lantai 2
Ketika kita datang ke sana, sama sekali tidak ada tamu yang lain, hanya saya dan kedua teman saya karena sudah cukup malam juga saat itu sekitar jam 9 malam. Ketika masuk ke restorannya saya merasakan suasana yang nyaman, dengan alunan musik yang mengalun pelan dan juga ruangannya tertata dengan rapi dan bersih.

Non-smoking Room
Non-smoking Room
Smoking Room
Menu makanan Java Bleu ini cukup unik karena tidak menggunakan buku menu sebagaimana restoran pada umumnya. Menu mereka semua tercatat di papan tulis yang bisa digeser-geser ke lokasi duduk para tamu. Menu Java Bleu terbagi menjadi 3 bagian yaitu Hors d'oeuvre (appetizer), Plat Principal (main course), dan Dessert.

Menu
Malam itu kita memesan Snails sebagai appetizer; Duck Confit, Beef Entrecote, dan Chicken Ballotine sebagai main course; Profitterrolles; dan Baba au Rhum untuk dessert. Snails-nya terdiri dari 6 snails yang sudah dilepas dari cangkangnya, dimasak dengan olive oil, mentega, garlic dan disajikan bersama 2 buah roti brioche.

Snails 49K
Beef Entrecote merupakan steak sirloin yang dilumuri sauce dan disajikan dengan 3 pilihan kentang (gratin, mashed, atau fries) dan selada air (watercress). Untuk sauce-nya sendiri menggunakan bahan dasar hati ayam yang diolah dengan mustard.

Beef Entrecote 160K
Duck Confit terdiri dari 1 slice paha atau dada bebek yang disajikan dengan potato gratin, watercress dan menggunakan cumberland sauce. Salah satu menu yang saya suka, bebeknya sangat empuk dan terasa seperti meleleh di dalam mulut karena begitu empuknya.

Duck Confit 130K
Chicken Ballotine berbentuk seperti chicken rolade yang diisi dengan keju, disajikan dengan potato gratin dan watercress. Untuk sauce-nya menggunakan grape sauce yang diolah dengan brown sauce. Menurut saya chicken-nya sedikit dry jadi terasa agak seret tapi saya suka sauce-nya.

Chicken Ballotine 85K
Sebagai menu penutup, dihidangkan dengan vanilla ice cream dan coffee ice cream lalu dilumuri dengan chocolate sauce, Profitterrolles-nya seolah memanggil saya untuk segera mencicipi rasanya. Dan rasanya sangat sulit untuk saya ungkapkan karena perpaduan dinginnya ice cream, hangatnya chocolate sauce, dan empuknya profitterrolles begitu menyatu menciptakan sebuah sensasi rasa yang unik nan lezat.

Profitterrolles 39K
Untuk Baba au Rhum pun tidak kalah nikmatnya. Kue yang dipenuhi dengan rhum dan dihidangkan bersama rum raisin ice cream sebagai topping-nya ini sangatlah cocok sebagai menu penutup. Kuenya begitu lembut, terasa sangat ringan untuk disantap dan ukurannya pun terasa pas.

Baba au Rhum 37K
Overall, saya dan kedua teman saya sangat puas dengan hidangan di Java Bleu dan saya yakin akan ada kunjungan berikutnya karena masih ada beberapa menu yang menarik untuk dicoba. Benar-benar malam yang sangat menyenangkan. :D

Java Bleu Bistro
Jl. Cikini Raya no. 15
Jakarta Pusat
Tel: +6221 3144545


4 komentar:

  1. ajak gw donk ke situ..........mau coba duck sama escargot nya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuuuk! Kapan mau nyobain ke sini? :D Dino sama Imel juga ngajakin ke Java Bleu tapi belom tau kapan.

      Hapus
    2. saos duck confitnya gurih apa manis? boleh ni coba skali2

      Hapus
    3. Saosnya lebih ke gurih sih. Hehehe.. Iyah worth to try kok ini :)

      Hapus